Jakarta Islamic Center

Jakarta Islamic Center

Arsitektur

Bangunan Masjid yang elegan nan megah ini tampilkan citra Islam positif. Pancaran nilai-nilai keimanan serta ketakwaan demikian menyejukkan nurani. Masjid yang didesain oleh arsitek Ir. Muhammad Nu’man ini begitu indah. Berdiri di atas tempat seluas 109.435 m2, Masjid ini difasilitasi dengan keseluruhan oleh Pemda DKI Jakarta. Tidak hanya berperan menjadi tempat peribadatan, Jakarta Islamic Center ikut berperan menjadi pendidikan serta perekonomian.

Halamannya luas. Komplit dengan air mancur penting yang terdapat di pintu ke-2 Jakarta Islamic Center. Di dalamnya diperlengkapi dengan satu perpustakaan yang begitu nyaman dengan koleksi beberapa jenis rujukan buku-buku Islam yang cukuplah komplet. Bukan sekedar itu, JIC ikut diperlengkapi dengan tayangan Radio Jakarta Islamic Center.

Masjid bergaya campuran Turki serta Timur Tengah ini ini diresmikan pada tanggal 4 Maret 2003 di waktu pemerintahan Gubernur Sutiyoso. Luas bangunan masjidnya saja sampai 2200 meter. bisa menyimpan 20.680 jemaah sekaligus juga

Bentuk bangunannya adalah manifestasi dari sifat-sifat keperkasaan (Al-Jabbaru), Kemegahan (Al-Mutakabbiru), sekaligus juga kelembutan serta keindahan (Al-Lathief). Perihal ini diinginkan bisa meniadakan stigma lama tempat awal mulanya. Arsitekturnya kaya akan nuansa Betawi yang sama dengan nuansa Islam serta mempunyai menara tinggi 114 meter. yang memiliki kandungan makna jumlahnya surat dalam Al-quran. Pada ujung menara tersebut juga terdapat kubah yang begitu indah.