Keindahan Masjid Kibuli

Masjid Pertama di Kampala

Masjid Kibuli adalah satu diantara masjid di Kampala Ibukota Republik Uganda. Masjid ini adalah masjid paling tua di Kampala. Dikatakan sebagai Masjid Kibuli sebab ada diatas bukit Kibuli, masjid ini adalah situs penting dari bagian religi riwayat serta kebiasaan kota kampala.

Sebab unsur riwayat serta nilai religi nya itu masjid ini jadi satu diantara landmark kota Kampala yang menguasai panorama pucuk bukit Kibuli. Sebab tempatnya yang ada pada ketinggian, penorama masjid ini tampak dari terlalu jauh dari beberapa tempat di kota ini.

Kibuli-Mosque

Tempat tempat masjid ini berdiri aslinya adalah tempat punya Pangeran Badru Kukungulu dari keluarga Bangsawan Bugunda yang lalu disumbangkan untuk kebutuhan pembangunan masjid itu. Saat itu bukan saja tempat masjid ini, tetapi sejumlah besar tempat di bukit Kibuli.

Kampala ialah ibokota dari Republik Uganda, negara dibagian timur benua Afrika. Sebelum bangsa Eropa datang dari sana dan menjajah lokasi itu, lokasi ini adalah daerah kekuasaan seseorang raja yang dimaksud Kabaka dari keluarga bangsawan Buganda.

Inggris yang datang dari sana di penghujung era ke 19 lihat sangat banyak binatang Impala berkeliaran lokasi itu serta menyebutkan lokasi itu dengan arti “Hill of Impala” yang lalu diserap ke bahasa lokal yang berbunyi “kazozi k’ impala” yang disampaikan jadi “ka impala” serta terkadang pun disampaikan “ka mpala”.

Julukan Kota Bukit Tujuh

Hingga, setiap saat raja Buganda pergi berburu impala ke lokasi rimba dari sana, masyarakatnya akan berujar jika raja tengah berburu ke Kampala. Bermula dari sana lalu jadi nama tempat itu sampai sekarang diketahui menjadi kota Kampala.

Sedang nama Uganda sebagai nama Negara itu, malah berlangsung sebab ketakmampuan bangsa Eropa mengatakan nama Buganda dengan baik hingga jadi Uganda tanpa ada hurup B di depannya.

Arsitektur Kubah Masjid Kibuli

Kota Kampala pada awalnya berkembang dari bukit di sekitar istana Kabaka Buganda lantas berkembang ke lokasi di sekelilingnya sampai tujuh bukit. Masing masing pucuk bukit itu jadi tempat tempat penting kerajaan.

Itu penyebabnya kota Kampala pun sering dikatakan sebagai ‘Kota Tujuh Bukit”, walau sekarang wilayanya telah membentang sampai meliputi lebih dari 20 bukit. Sebutlah saja Bukit Kasubi yang bersejarah adalah tempat berdirinya Istana Raja Kabaka yang bernama Kasubi serta makamnya pun ada di bukit itu.

Lantas Bukit ke-2 ialah bukit Mengo yang disebut tempat berdirinya Istana Kabaka (Raja) sekarang ini serta markas besar dari Pengadilan Tinggi Buganda. Lantas ada bukit ke-3 sebagai “markas” buat ummat Islam di kota Kampala, yaitu Bukit Kibuli tempat berdirinya masjid paling tua di Kampala, Masjid Kibuli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA