Masjid Agung Al Munawwarah – Produsen Kubah Banjarbaru

Masjid Agung Banjarbaru

Masjid yang terdapat di jalan Trikora Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini, jaraknya kurang lebih 600-an mtr. dari tempat tinggalku, di Kompleks Perumahan Green Tasbih, luas bangunannya 50×50 mtr., atau 2500 mtr. persegi, dibuat semenjak tahun 2002, diatas tempat seluas 3,1 hektare.

Di awalnya tulisan disebutkan jika masjid ini simpel akan tetapi terlihat megah, sebab memang interior serta eksteriornya dibuat demikian rupa, dengan dominasi warna hijau serta krem, dan hiasan kaligrafi yang cuma ada di mihrab masjid saja.

Masjid Agung Al Munawwarah

Bentangan konstruksi atap sudah didesign serta diakui dengan begitu cermat, hingga membuahkan satu ruang yang begitu luas untuk dipakai sholat, tiada satupun tiang serta kolom penyangga atap yang kita dapatkan dalam masjid ini. Dengan begitu, saran untuk menyempurnakan sholat dengan merapatkan shaf (tiada putus) dalam shalat dapat terwujud jika sahabat-sahibit blogger se-dunia sholat berjamaah di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru.

Pembangunan Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru

Masjid yang semua bangunannya di kelilingi oleh pintu yang tinggi serta besar ini, yang konon beritanya memiliki seputar lima beberapa ribu jamaah, diresmikan pada tanggal 01 Juli 2010 oleh Walikota Banjarbaru waktu itu, Rudy Resnawan.

Pembangunan Masjid Agung Al Munawwarah sudah habiskan dana sebesar Rp.33,6 milyar, akan tetapi pembangunannya belumlah berhenti sampai ini hari , sebab ada banyak pengembangan-pengembangan yang jadikan masjid ini menjadi simbol Kota Banjarbaru sebagai salah satunya pusat penyebaran agama Islam serta obyek wisata religi di Banjarbaru.

Masjid Agung Banjarbaru
Masjid Agung Al Munawwarah mempunyai fasilitas wudhu serta toilet yang lumayan bagus serta bersih dan tertangani. Deretan pintu yang memiliki ukuran besar akan menyongsong kita waktu melangkahkan kaki ke masjid ini. Untuk kaum hawa, ada tempat sholat spesial yang dibatasi oleh hijab dengan tiang-tiang terbuat dari besi chrome, ukuran luasnya dapat sesuai dengan jumlahnya jamaah wanita yang sholat.

Seperti masjid-masjid yang berada di Indonesia, di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru ini pula terlihat satu bedug dengan ukuran yang lumayan besar menghiasi teras masjid, bersisihan dengan Plaza menara masjid, dengan luas bangunan terbagi dalam Plaza Menara luasnya 20 x 20 mtr.

Bangunan menara 8 x 8 mtr. hinggga mengerucut ke atasnya setinggi seputar 80-an mtr. Pelataran parkirnya walaupun belumlah teratur rapi serta masih tetap terlihat gersang, sebab belumlah ada pohon serta tanaman yang tumbuh menghiasnya, akan tetapi areanya cukuplah luas buat menyimpan beberapa puluh mobil, jika motor mungkin beberapa ribu yang bisa ditampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA