Masjid Al-Akbar Balangan – Jasa Pembuatan Kubah Kalimantan

Masjid Islamic Center Balangan

Kabupaten Balangan ialah salah satunya kabupaten di propinsi Kalimantan Selatan, Beribukota di Parigin. Kabupaten Balangan adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang diputuskan berdasar pada Undang-undang Nomer 2 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 mengenai Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu serta Kabupaten Balangan di Propinsi Kalimantan Selatan.

Masjid Al-Akbar Balangan

Berdasar pada undang-undang itu, Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno resmikan Kabupaten Balangan pada tanggal 8 April 2003 yang lalu jadi hari jadi yang dirayakan tiap-tiap tahunnya. Motto Kabupaten Balangan ialah “Sanggam”: “Mampu Bagawi Gasan Penduduk” (bahasa Banjar, bermakna: Kesanggupan melakukan pekerjaan (pembangunan) yang dilandasi oleh keikhlasan untuk penduduk. Dengan luas lokasi 1.819,75 km2 serta terdiri jadi 8 kecamatan.

Kabupaten Balangan terdapat dibagian utara Propinsi Kalimantan Selatan, berdasar pada letak geografis jadi kabupaten Balangan cukuplah strategis sebab dilewati lintas trans Kalimantan serta berkesempatan besar untuk berkembang jadi kota persinggahan buat perjalanan dari Banjarmasin ke Kalimantan Timur serta Kalimantan Tengah.

Masjid Al-Akbar Balangan

Masjid Islamic Center Balangan

Masjid Al Besar Kabupaten Balangan pertama-tama dipakai pada tanggal 22 Desember 2014 untuk shalat berjamaah oleh Bupati Kabupaten Balangan H Sefek Effendie, Wakil Bupati H Ansharuddin dan deretan kepala Unit Kerja Piranti Daerah (SKPD) serta pegawai yang lain melakukan salat zuhur berjamaah di masjid ini. Pembangunan masjid menghabiskan waktu saat lima tahun semenjak tahun 2010 dengan memakai Biaya Penghasilan serta Berbelanja Daerah Kabupaten Balangan tanpa pertolongan biaya lainnya.
Sebelum dibuat, Dinas Pekerjaan Umum bersama dengan Majelis Ulama Indonesia Balangan beberapa kali sudah turun ke tempat untuk memastikan kiblat yang pas. Peresmian masjid yang terdapat diatas gunung ini dikerjakan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin pada tanggal 28 Januari 2015. Beliau pun yang lakukan penempatan batu pertama pembangunan masjid itu di tahun 2010.

Peresmian Masjid Agung Al-Akbar

Peresmian diawali pada jam 20.00 wita setelah sholat isya diawali dengan pembacaan maulid Habsyi oleh KH Asmuni atau Guru Danau, tidak hanya gubernur pun ada petinggi sebenua enam seperti Kemenag, MUI, Pimpinan PT. Adaro Energy Tbk, Direktur Bank Kalsel serta undangan yang lain, dan penduduk Balangan. Pekerjaan itu pun berisi tausiah serta ceramah agama oleh KH Asmuni.

Dengan tuntas serta berfungsinya Masjid Agung Al-Akbar ini meningkatkan tempat wisata Religi di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini, sebelumnya setelah cuma ada satu tempat wisata religi yaitu Makam Datuk Kandang Haji yang ada di Kecamatan Juai.

Dengan Kemampuan sampai 5000 jemaah sekaligus juga, jadikan masjid ini menjadi masjid paling besar serta termegah di Kabupaten Balangan serta di kawasasn Banua Anam. Setelah itu di area ini akan selekasnya dibuat sarana pendukung yang lain menjadi pusat peningkatan Islam (Islamic Center) di Kabupaten Balangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA