Masjid Baiturrahman – Jakarta Selatan

Masjid Baiturrahman

Ada di kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta, yang disebut pusat hiruk pikuk dunia politik Indonesia, Masjid Baiturrahman jadi pembawa kesejukan rohani.

Masjid, yang sekarang ini diurus oleh Sekretariat Jenderal MPR/DPR, itu mempunyai bentuk unik serta kemungkinan cuma hanya satu di Indonesia. Bentuk keseluruhnya masjid yang mirip bunga tanjung ini datang dari inspirasi salah seseorang anggota DPR yang barusan pulang dari kunjungan kerja di Filipina. Disana ada satu masjid dengan skema arsitektur seperti bunga tanjung.

Masjid Baiturrahman terdapat di ruang yang terpisah dengan tempat tanah yang tambah tinggi dibanding gedung yang lain. Dengan begitu, keberadaaan masjid ini cukuplah mencolok walau termasuk tidak seluas gedung lain di kompleks wakil rakyat itu.

Masjid Baiturrahman

Arsitektur Bangunan Masjid Baiturrahman

Skema bangunan masjid berbentuk bentuk geometris dengan garis-garis tebal berbuntut lancip yang membungkus keseluruhnya bangunan serta disapu warna hijau jelas. Kubah masjid ini berupa sisi delapan dengan garis-garis lancip jadi pembentuk sudutnya. Benar-benar indah dilihat.

Di ruang depan masjid, satu pendopo seolah jadi ruang peralihan sebelum masuk masjid. Dari pendopo itu batas suci mulai diresmikan. Tangga bata dipadukan keramik yang tidaklah terlalu tinggi jadi penghubung antara bangunan utama dengan pendopo.

Di ujung tangga ada teras yang melingkari bangunan utama. Teras ini tidaklah terlalu luas, tapi indah sebab dari sana kelihatan ukiran kayu jati bermotif dedaunan yang membuat pintu besar ruangan utama masjid.

Di samping teras ada bedug bergaris tengah 1,97 meter serta panjang 3 meter. Bedug ini memiliki bahan kayu yang dihadirkan dari rimba Blora serta permukaannya dibikin dari kulit sapi Australia.

Masjid Baiturrahman Jakarta Selatan

Keindahan Interior Masjid Baiturrahman

Keindahan juga muncul saat masuk sisi dalam masjid. Walau tidaklah terlalu besar, ruang ini berkesan lega hanya karena mempunyai dua tiang kayu penyangga. Kesan-kesan istimewa juga singgah ke pikiran pengunjung saat memerhatikan ornament ruang. Satu lampu gantung berupa bunga tanjung ada pas di sentral bawah kubah. Pada dinding juga terdapat banyak ornament yang merujuk pada bentuk bunga tanjung.

Kesan-kesan minimalis begitu terlihat dibagian depan ruangan utama. Disana terdapat satu mimbar yang tidaklah terlalu besar menutupi setengah sisi dinding yang cuma disapu warna putih tanpa ada detil ornament seperti masjid biasanya. Ruangan utama ini terbagi dalam dua tingkat. Tingkat dua yang melingkari ruangan basic utama dipakai untuk tempat shalat kaum wanita.

Baiturrahman bermakna rumah kasih sayang, satu lambang jika di masjid manusia dapat rasakan nyaman serta menginginkan kasih sayang Sang Pencipta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA