Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq Lombok

Situasi spiritual Pulau Lombok memang tidak jauh berlainan dengan Pulau Bali, Anda dapat berkunjung ke beberapa pura di pulau ini. Seperti Pura Narmada, Pura Pangsung, Pura Taman Mayura, serta masih tetap banyak.

Tetapi bila diihat dari segi masyarakatnya yang sebagian besar beragama Islam, bisa diyakinkan jika kebudayaan Islam pun ada serta berkembang di Pulau Lombok ini. Anda dapat berkunjung ke masjid paling tua yang berada di Pulau Lombok, yakni Masjid Bayan Beleq. Di tempat ini Anda dapat menggali riwayat masuknya Islam sekaligus juga lihat saksi riwayat itu, Masjid Bayan Beleq tersebut.

Masjid Bayan Beleq terdapat seputar 80 Km. dari Kota Mataram. Peninggalan riwayat ini jadi situs yang dicari oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara. Tidak tertutup untuk umat Islam saja, Masjid Bayan Beleq terbuka buat siapapun yang ingin tahu serta pelajari riwayat Islam di Pulau Lombok.

Untuk meraihnya, Anda dapat memakai kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Anda dapat meniti jalan Mataram-Senggigi-Pemenang-Tanjung-Gangga-Anyar-Bayan. Dari Mataram perjalanan akan Anda tempuh seputar 2 jam.

Masjid Bayan Beleq

Pembangunan Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq dibuat di seputar era 16 oleh Syeh Gaus Abdul Razak, satu diantara penebar agama Islam di Bayan. Masjid ini dibuat berupa persegi, dengan dinding dari bambu setinggi 1,25 Mtr.. Dibawahnya ada fondasi dari batu yang diatur setinggi pinggang orang dewasa.

Sisi atapnya berupa limas dua tingkat, dibikin dari anyaman daun kelapa. Dibagian pucuk disematkan hiasan seperti mahkota. Buntuk atap ini memvisualisasikan dampak dari Hindu Jawa yang ada sebelum masuknya Islam ke Lombok.

Pas di muka pintu masjid ada satu gentong, yang di tempatkan serta diikat dibawah pohon Semboja. Gentong ini adalah tempat untuk menyimpan air wudhu.

Untuk masuk ke Masjid Bayan Beleq, Anda mesti membungkuk sebab pintu masuknya cukuplah pendek. Dibagian dalam, lantai masjid cuma berbentuk tanah. Anda dapat lihat 4 pilar di masjid. Ke empat pilar itu adalah lambang dari empat desa yang ikut menolong pendirian masjid ini.

Arsitektur Masjid Bayan Beleq

Anda pun akan merasakan hiasan berupa ikan serta burung di ujung pilar-pilar itu. Semasing mempunyai arti tertentu. Hiasan ikan melambangkan mahkluk yang hidup di perairan, yang bermakna kehidupan bawah atau duniawi.

Sedang hiasan burung melambangkan kehidupan sesudah kematian. Ke-2 hiasan itu memiliki pesan jika tiap-tiap umat beriman semestinya dapat menyamakan kehidupan dunia serta akhirat. Diluar itu Anda dapat lihat hiasan lainnya berbentuk pohon, telur, ayam serta naga yang bergantung diatas mimbar.

Dibagian tubuh naga ada tiga ekor burung yang melambangkan Islam Wetu Telu (satu saluran Islam waktu awal, yang masih tetap ada sampai sekarang ini). Tidak hanya Masjid Bayan Beleq menjadi bangunan penting, Anda akan menjumpai enam bangunan lainnya di seputar masjid dengan ukuran yang berlainan.

Bangunan-bangunan yang berdinding bambu itu adalah makam beberapa pendahulu Islam di Bayan. Di samping Selatan masjid ada empat makam, yakni makam masyarakat pertama yang memeluk Islam serta makam penebar ajaran Islam pertama. Di samping Utara ada dua makam, yakni makam Syekh Gaus Abdul Razak serta Titi Mas Penghulu.

Sesudah senang lihat serta pelajari riwayat Islam di Pulau Lombok bersama peninggalannya, Anda dapat berkunjung ke toko souvenir yang diurus oleh penduduk ditempat. Toko itu terdapat tidak jauh di muka Masjid Bayan Beleq. Disana Anda dapat beli kenang-kenangan berbentuk miniatur Masjid Bayan Beleq, atau cinderamata tradisionil yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA