Masjid Cipari atau Masjid Al-Syura – Kontraktor Kubah Masjid Garut

Masjid Tertua di Garut – Jawa Barat

Masjid Cipari atau Masjid Al-Syura, ialah salah satunya masjid paling tua di Garut, Jawa Barat. Satu masjid pesantren yang cukuplah unik sebab serupa dengan bangunan gereja dengan bentuk bangunan memanjang dengan pintu penting persis ditengahnya sisi muka bangunan, Menaranya yang terdapat di ujung bangunan persis di atas pintu penting. Masjid Cipari ini pula mempunyai riwayat perjuangan, sebab dulu dipakai menjadi basis perjuangan rakyat serta tentara.

Masjid ini jadi satu diantara dua masjid di Indonesia yang mempunyai arsitektur serupa dengan bangunan gereja. Masjid yang satu nya kembali ialah masjid Somobito di Mojowarno, Mojokerto, Jawa Timur. Masjid Al-Syura ada dalam lokasi Pondok Pesantren Cipari.

Masjid Cipari atau Masjid Al-Syura

Sejarah Berdirinya Masjid Cipari

Berdirinya Masjid Al-Syura tidak terlepas dari riwayat Pondok Pesantren Cipari yang dibangun oleh KH. Zaenal Abidin yang diketahui dengan panggilan Eyang Bungsu, lalu kepemimpinan ponpes dilanjutkan oleh KH. Harmaen. Masjid Al-Syura ini diprediksikan berdiri tahun 1895, di lingkungan Pondok Pesantren Cipari tapi dalam keadaan masih tetap begitu simpel.

Dana pembangunan masjid ini datang dari dana gotong royong keluarga pesantren, santri serta penduduk seputar masjid. Semenjak awalannya masjid ini sudah ada di kompleks pesantren di bawah pimpinan KH Harmaen serta dikelilingi cuma seputar 20 rumah masyarakat.

Tahun 1933, KH Harmaen wafat serta kepemimpinan pesantren diteruskan oleh putra putri beliau H. Abdul Kudus, KH. Yusuf Tauziri serta Hj. Siti Quraisyin. Waktu di pimpin KH Yusuf Tauziri, masjid dibuat serta diperluas bersamaan dengan perkembangan cepat yang dihadapi pesantren. Bentuk masjid yang dibuat saat itu seperti apakah yang dapat kita lihat saat ini. Pembangunannya tuntas pada tahun 1935 dengan luas bangunan kurang lebih 75 x 30 mtr..

Masjid ini didesain oleh R.M. Abikusno Tjokrosuyoso yang disebut keponakan H.O.S Tjokroaminoto, dengan menggabungkan seni bangunan Jawa serta tehnik bangunan kolonial/Eropa. Diresmikan oleh H.O.S Tjokroaminoto pada 1936, masjid ini seringkali dipakai tempat pertemuan tokoh SI (Syarikat Islam) serta tokoh nasionalis (PNI) pada saat gerakan nasional.

Perkembangan pesantren waktu itu pun didukung oleh dihapuskannya ordonansi sekolah luar oleh pemerintah kolonial Belanda pada tanggal 13 Februari 1932 karena penentangan beberapa organisasi nasional serta Islam, seperti Budi Utomo, Muhammadiyah, PNI, PSII, dan sebagainya. Pelebaran masjid ini mempunyai hubungan erat dengan keadaan gerakan nasional itu sebab pimpinan pesantren kebetulan pun seseorang ketua PSII cabang Wanaraja.

Kontraktor Kubah Masjid Garut

Peranan Masjid Cipari dalam gerakan kemerdekaan

Masjid serta pesantren ini jelas mempunyai peranan dalam perjuangan rakyat Indonesia pada saat kemerdekaan. Beberapa santri tidak hanya belajar pengetahuan agama pun dididik menjadi pejuang. Ini tidak terlepas dari kehadiran masjid serta pesantren menjadi salah satunya pesantren dari organisasi perjuangan Syarikat Islam.

Bahkan juga, masjid pun sudah jadi saksi riwayat di waktu kemerdekaan, dimana dia sempat jadi tempat pengungsian rakyat sekelilingnya saat perang kemerdekaan. Bahkan juga, menurut narasi rakyat ditempat, masjid ini sempat diserang oleh pasukan DI/TII sekitar 52 kali. Akan tetapi, mungkin sebab tebal dindingnya yang lebih dari 40 sentimeter, masjid sampai sekarang masih tetap tegak berdiri dengan kuat.

Arsitektur Masjid Cipari

Masjid yang dibuat di zaman kolonial Belanda ini jelas mencirikan langgam bangunan dari masa kolonial Belanda, bentuk yang memang tidak umum untuk satu bangunan masjid di lokasi berpenduduk Sebagian besar Muslim.

Kontraktor Kubah Masjid Garut

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari kontraktor kubah masjid Garut, tak perlu bingung sebab kontraktor kubah jabodetabek ialah jalan keluar terunggul. Cukup hanya lakukan pemesanan, jadi semuanya yang terkait dengan pembangunan kubah akan dituntaskan sama dengan waktu yang dijanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA