Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Masjid Baitul Mukhlisin

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin yang ada di Lokasi Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit, kabupaten Lampung Barat. Sudah jadi Simbol Kabupaten Lampung Barat.

Tidak hanya tempat pusat pekerjaan agama yang meliputi Beribadah, Da’wah serta Ta’lim, Islamic Center Kabupaten Lampung Barat pun jadi obyek wisata buat penduduk terpenting di waktu sore.
Islamic Center Baitul Mukhlisin ini adalah Islamic Center kabupaten Lampung Barat, Propinsi Lampung.

Masjid-Islamic-Center-Baitul-Mukhlisin-Lampung-Barat

Bangunan masjid megah ini berarsitektur kombinasi pada ornament Lampung serta arsitektur Arab. Berdiri diatas tempat seluas 13.5 hektar dengan luas bangunan masjid sampai 4000 mtr. persegi, pembangunannya didanai APBD 2009-2010. Habiskan dana seputar Rp. 33 Milyar. Masjid ini dapat menyimpan sampai 7200 jemaah sekaligus juga.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin diresmikan oleh Gubernur Lampung Sjacroedin Z.P bersama dengan sama juga dengan Bupati Lampung Barat – Mukhlis Basri, pada Hari Jum’at tanggal 7 Mei 2010.

Sesudah peresmian, pekerjaan keagamaan yang pertama akan dikerjakan ialah sholat Jum’at. Diteruskan esok harinya dengan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Lampung yang dibarengi 14 kabupaten/kota se-Lampung. Saat diresmikan pembangunan step ke-2 masjid ini baru tuntas 90 %.

Masjid megah ini pula dimaksud Masjid Bintang emas sebab denah kubah limas masjid ini jika disaksikan dari atas berupa seperti bintang serta diwarnai dengan warna emas, dan ornament bulan bintang yang ada dibagian ujung kubah itu pun dilapis emas, ada pula yang mengatakan masjid Islamic center Balik Bukit sebab ada di Kecamatan Balik Bukit, sesaat yang lain mengatakan menjadi Masjid Islamic Center Sekuting sebab ada di Daerah Sekuting.

Serta tentunya anda akan dengan gampang tangkap persamaan pada nama Belakang Masjid ini dengan nama depan Bupati Lampung Barat yang memprakarsai pembangunan masjid ini.

Arsitektur Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Masjid-Islamic-Center-Baitul-Mukhlisin

Keunikan Lampung tampak pada bentuk atap masjid yang mengambil ciri rumah kebiasaan Lampung serta sesuai dengan bentuk Gunung Pesagi yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Komponen ukiran kirai rumah kebiasaan Lampung memberi warna masjid ini termasuk juga kaca patri yang mengambil ornament kain tapis dan pertemuan kolom serta balok yang diperlengkapi ornament paguk kebiasaan Lampung. Di halaman masjid ini ada sembilan tugu batu tinggi besar yang disebut lambang sembilan wali penebar agama Islam di Indonesia. Ruangan penting masjid ini memiliki ukuran 33 x 33 mtr. adalah lambang jumlahnya zikir.

Ruangan penting masjid ini betul-betul berasa lega dengan atapnya yang demikian tinggi serta tidak ada satu tiang juga di dalam ruang. Arsitektur moderen terlihat jelas demikian dioptimalkan dalam pembangunan masjid ini. Material bangunan Masjid Islamic Center itu diambil dari batu marmer Lampung serta andesit yang percantik ruangan serta meminimalkan cost perawatan. Susunan bangunan masjid pun merujuk pada ide bangunan tahan gempa yang mempertimbangkan style lateral serta vertikal beban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA