Masjid Islamic Center Prabumulih – Sumatera Selatan

Masjid Islamic Center Kota Prabumulih

Masjid Islamic Center Prabumulih terdapat di Jalan Lingkar, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Gunung Ibul, Kota Prabumulih, Propinsi Sumatera Selatan. Nama kota yang jadikan nama masjid ini mempunyai riwayat yang unik, sebelum jadi kota yang mandiri, nyatanya masjid ini sempat jadi Kota Administratif di daerah kabupaten Muara Enim. Kota Prabumulih sempat juga jadikan kota pembantu di daerah Gelumbang.

Masjid Islamic Center Prabumulih atau biasa dimaksud dengan singkatannya MICP, mulai dibuat pada tahun 2010 lalu serta memakan waktu seputar 4 tahun untuk penyelesaian semua bangunannya. Pembangunan masjid ini diberitakan habiskan dana seputar Rp. 29,68 miliar.

Tender masjid dengan Budger mengagumkan itu diambil oleh PT Cindo Kekal Perkasa (CAP) dengan tenggang waktu yang diberi ialah seputar 10 bulan. Ditambah Pihak Kontraktor yang memberi janji jika bangunan masjid akan usai dalam kurun waktu 10 bulan saja. Tetapi kenyataannya, prediksi itu meleset serta justru memerlukan waktu pembangunan seputar 4 tahun.

Sesudah usai, karena itu masjid garapan PT Cindo Kekal Perkasa (CAP) ini diberikan pada Komplek Perkumpulan Islam (Islamic Center) di wilayah kota prabumulih di akhir tahun 2014 kemarin. Pada akhirnya, Masjid Islamic Center Prabumullih siap untuk dipakai jadi tempat beribadah ataupun jadi tempat musyawarah oleh kaum muslim seputar pada awal tahun 2015.

Masjid Islamic Center Kota Prabumulih

Letak masjid ini ada di depan SMAN 7 Kota Prabumulih, hingga sehari-harinya masjid ini tetap ramai didatangi oleh beberapa murid, dan guru-guru dari sana untuk lakukan beribadah shalat berjamaah.

Sedang ide arsitektur yang dianutnya memakai ide “Islam Sejuk Dilihat Mata” dengan ornament serta instrumen ciri khas negara timur tengah. Walau ambil style di luar negeri, tetapi estetika bangunan masjid dalam negeri ikut juga digabungkan.

Masjid Islamic Center kota Prabumulih sudah memperoleh predikat masjid paling besar serta terluas di wilayah Propinsi Sumatera Selatan. Tidak hanya dipakai jadi tempat beribadah, nyatanya ada banyak bangunan sekunder yang dibuat jadi Kantor MUI serta Tubuh Zakat Nasional (Baznas) di daerah Prabumulih.

Bangunan yang dipakai jadi tempat MUI dan Baznas mempunyai aula yang cukup besar. Aula yang besar ini terkadang dipakai jadi tempat acara yang penting, contohnya pertemuan antar anggota dewan atau warga sekitar.

Arsitektur Masjid Islamic Center

Sedang untuk arsitekturnya, masjid ini mempunyai ornamen-ornamen istimewa yang diadopsi dari masjid-masjid di wilayah Timur Tengah. Warna menguasai yang dipakai ialah abu-abu serta kream, dan bentuk kubah yang dicat berwarna-warni serupa seperti corak batik.

Kubah yang dibuat di atas ruang penting masjid adalah kubah dengan 2 corak warna yang berlainan, hingga keindahan bisa dirasa. Sedang untuk mode membuatnya, kubah itu dibikin dengan panel enamel dengan hiasan warna yang bermacam, seperti lihat ukiran batik di kubah itu.

Masjid Islamic Center Prabumulih

Bentuk kubah masjid benar-benar sangat bermacam, contohnya saja kubah dengan skema enamel iris ketupat, tetapi yang diadopsi oleh warga ditempat adalah kubah dengan motif batik untuk memberi keunikan pada Kota Prabumulih jadi kota batik , tidak bingung bila banyak beberapa orang dan pelancong yang ingin tahu dengan Masjid Islamic Center Prabumulih.

Sedang untuk mitos yang tersebar, selain ruang masjid ada pemakaman dengan usia yang sangatlah tua. Menurut masyarakat ditempat, kompek pemakaman adalah kompleks pemakaman sesepuh yang membuat Kota Prabumulih.

Ditambah lagi, saat belum dibuat masjid, konon lokasi Masjid Islamic Center ini adalah rimba belantara yang di babat oleh pemerintah pusat Sulawesi Selatan, yang saat itu dipakai jadi pelebaran daerah Prabumulih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA