Masjid Jami’ Al Makmur Cikini – Kontraktor Kubah Jakarta

Masjid Jami’ Al Makmur Jakarta

Masjid Jami’ Al-Makmur terdapat di Jln. Raden Saleh Raya, RT/RW 03/03, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Persisnya dibelakang Rumah Sakit PGI Cikini, ditepian kali Ciliwung. Masjid ini pula adalah satu diantara masjid paling tua yang berada di DKI Jakarta, sebab telah dibuat pada tahun 1860 yang lalu. Tidaklah heran bila lalu masjid ini pula dikasih perlindungan menjadi cagar budaya serta warisan riwayat oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Riwayat pembangunan masjid ini pula begitu panjang, sebab dibuat pada saat pemerintahan / penjajahan Belanda. Saat itu, kegiatan keagamaan pula jadi larangan tertentu, ditambah lagi pendirian bangunan baru berbentuk tempat beribadah kaum muslim. Bahkan juga, perjuangannya juga lebih berasa tatkalah didapati jika keseluruhnya dana pertolongan pembangunan masjid ini datang dari swadaya penduduk saja. Mereka ikhlas menghimpun beras dikit demi sedikit untuk kepentingan permodalan masjid.

Masjid Jamik Al-Makmur

Sejarah Masjid Jami’ Al-Makmur Cikini

Pada tahun 1860 Masehi, Raden Saleh, salah seseorang tokoh besar pada saat itu juga dinobatkan menjadi “Bapak Pelukis Indonesia”, bangun satu surau / mushola selain tempat tinggalnya, saat beliau masih juga dalam tahanan rumah belanda.

Lantas, sesudah Raden Saleh wafat, tanah tempat berdirinya masjid ini lalu dipunyai oleh Sayid Abdullah bin Alwi Al-atas. Tanah itu lalu di jual pada Emma Stching atau Yayasan Ratu Emma di harga 100 ribu guden. Tetapi, sebab yayasan itu akan bangun sarana umum seperti rumah sakit, jadi harga di turunkan jadi 50 ribu guden saja, tetapi dengan prasyarat surau / mushola yang sudah ada awal mulanya tidak bisa dibongkar.

Kesepakatan persetujuan itu nyatanya dipungkiri oleh pemerintah belanda. Masjid yang dibuat oleh Raden Saleh pada tahun 1860 lalu digusur ke pinggir kali ciliwung, lantas pada tahun 1890, masjid itu dipindahkan ke ruang punya Sayid Ismali Salam bin Alwi Al-atas.

Saat itu, masjid yang berdiri ini masih tetap memiliki bahan baku bambu saja. lantas pada tahun 1925, kolonial belanda ingin menggusur kembali masjid itu dari wilayahnya sekarang ini. Kemauan penggusuran itu nyatanya memetik hujatan dari beberapa pihak kaum muslim yang terhimpun di dalam Serikat Islam (SI).

Selanjutnya memprotes yang berlangsung dari penduduk luas makin jadi, serta penggusuran masjid ini juga tidak jadi dikerjakan. Bahkan juga bila ada pemaksaan oleh beberapa pihak Belanda, jadi umat islam tidak segan-segan mengusung senjata untuk menjaga bangunan masjid itu.

Lantas sesudah pro-kontra yang berlangsung telah mulai berkurang. Jadi pemugaran surau itu jadi satu masjid pada tahun 1926 dikerjakan dengan dana pembangunanmasjid cuma dari swadasya penduduk berbentuk beras saja. walau dengan perjuangan yang begitu keras, pada akhirnya bangunan masjid ini bisa bertahan sampai beberapa puluh tahun.

Interior Masjid Jamik Al-Makmur

Perjuangan untuk menjaga Masjid Jami’ Cikini Al-Makmur ini benar-benar sangat panjang. Pada tahun 1960-an, waktu demokrasi jadi kekacauan politik yang kejam (G30S/PKI), tanpa ada sepengetahuan kepemilikan tanah tempat berdirinya masjid ini disadari punya Dewan Geredja serta disertifikan dengan lIegal.

Tetapi, sesudah perjuangan yang demikian keras, pada akhirnya mulai pada tahun 1993, persengketaan itu telah dilupakan. Bahkan juga sampai sekarang ini masjid Cikini masih bisa dipakai seperti harusnya.

Masjid Cikini mempunyai dua faktor bagunan pentingnya yakni satu bangunan masjid asli menjadi pokok bangunan penting. Serta di bagian ke-2 ada “Duplikasi” dari masjid lama, yang ditempatkan di samping Masjid Jami’ Cikini Al-Ma’mur. Walau usianya telah cukup tua, tetapi sampai sekarang masih tetap digunakan dengan baik.

Kontraktor Kubah Masjid Jakarta

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi dibagian produksi kubah masjid yang sudah mempunyai pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel serta kubah masjid galvalum, kami turut memberikan service konsultasi kepada anda mengenai pembuatan,pengiriman, service pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi memiliki berbagai warna,berbagai ornamen dan design kubah masjid seperti kemauan anda. Kami memberikan harga kubah masjid sangat murah, terbaik, terjamin, amanah dan terpercaya. Kepercayaan dan Kesenangan anda adalah satu tentang yang penting untuk kami, oleh karena itu kami demikian memahami kepentingan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari kontraktor kubah masjid di jakarta, tidak butuh bingung karena PT Anugerah Kubah Indonesia adalah jalan keluar terbaik. Cukuplah cuma kerjakan pemesanan, jadi semua yang berkaitan dengan pembangunan kubah akan diselesaikan sama juga dengan waktu yang dijanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA