Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas – Menjadi kota satelit untuk Jakarta, Depok tidak mempunyai banyak obyek wisata. Akan tetapi, ada satu spot kelas dunia yang seringkali jadi target beberapa pelancong saat singgah ke kota Belimbing ini, Masjid Kubah Emas.

Berada di jalan Raya Meruyung, Limo, masjid yang mempunyai nama asli Dian Al-Mahri itu ialah simbol menarik buat kota Depok, mengapa? Sebab, kubah masjidnya sendiri memiliki kandungan emas dengan 24 karat dengan ketebalan dua sampai tiga, yang dihiasi mozaik kristal.

Lima kubah kecil yang melingkari masjid juga ikut dihiasi emas. Bukan tiada fakta, sebab angka lima adalah jumlahnya Rukun Islam, diantaranya masalah zakat.

Memiliki 15 ribu orang, Masjid ini berdiri diatas tempat seluas 70 hektar, sedang luas masjid ialah 8.000 mtr. persegi. Mengangkat arsitektur style Timur Tengah, masjid ini juga terlihat elegan di dalamnya.

Relief diatas tempat imam masjid bekerja memiliki kandungan emas 18 karat. Lampu gantung penting juga dihadirkan langsung dari Italia, yang menyinari ruangan penting, ruangan mezanin, halaman dalam, selasar atas, serta ruang fungsional yang lain.

Dipakai menjadi tempat beribadah keseharian, Masjid Kubah Emas turun teratur mengadakan pekerjaan seperti majelis taklim sampai Safari Ramadan. Tidak heran, beberapa ribu jamaat ataupun turis berkunjung ke Masjid Kubah Emas sehari-harinya.

SOSOK HAJJAH DIAN

Di buka pertama-tama pada 2006 lantas, Masjid Kubah Emas dibuat oleh Hajjah. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Dia adalah seseorang entrepreneur kaya raya asal Banten yang menafkahkan hartanya untuk bangun masjid termegah di Asia Tenggara ini.
Melalui Masjid Kubah Emas, Hj. Dian mengharap supaya syiar Islam yang ia lakukan bisa memberi ide buat kebanyakan orang. Dia juga ingin mengajari kebanyakan orang begitu berharganya ikhlas buat agama serta kemanusiaan.

Syiar agama yang didatangkan oleh Hj. Dian awalannya cuma berupa masjid taklim sekitar 25 orang di lokasi Kebayoran Lama. Akan tetapi, bersamaan dengan kesuksesan usaha pertambangan yang dia punya di luar negeri, Hj. Dian juga memiliki komitmen untuk bangun satu masjid menjadi dedikasinya pada agama.

Menariknya, sampai saat ini, tidak ada yang tahu tentu mengenai keseluruhan dana yang dipakai untuk bangun Masjid Kubah Emas ini. Akan tetapi, beberapa pakar arsitektur menaksir Masjid Kubah Emas dibuat dengan cost sampai beberapa puluh milyar Rupiah.