Masjid Muhammadan – Kontraktor Kubah Kota Padang

Masjid Muhammadan Tertua di Padang Selatan

Masjid Muhammadan ialah salah satunya masjid paling tua di Indonesia sekaligus juga cagar budaya yang terdapat di Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Masjid ini adalah masjid peninggalan beberapa Muslim keturunan India di Padang yang dibuat pada tahun 1843. Masjid dengan arsitektur bercorak India ini ada dalam lokasi Kota Tua Padang, yaitu lokasi sehiliran Batang Arau di seputar pelabuhan Muara.

Kehadiran masjid ini ikut bertindak dalam penyebaran agama Islam serta perjalanan riwayat Kota Padang. Masjid ini ada di Jalan Pasa Batipuh yang berdiri berjejer ikuti serangkaian bangunan tua di selama jalan itu.

Sekarang ini tidak hanya dipakai untuk kegiatan beribadah umat Islam, masjid berlantai tiga ini pula dipakai menjadi fasilitas pendidikan agama serta pesantren kilat buat pelajar, bahkan jadi salah satunya daya tarik wisata populer di Kota Padang.

Masjid Muhammadan terdaftar menjadi salah satunya masjid paling tua di Kota Padang tidak hanya Masjid Raya Ganting, yang disebut masjid paling tua di kota itu. Masjid ini dibuat pada tahun 1843 oleh sekumpulan Muslim yang sebagian besar datang dari India, mereka peluang hadir bersama dengan tentara Inggris lalu membuat komunitas di dekat pelabuhan Muara. Tempat masjid ini berdiri oleh penduduk Minangkabau dijuluki menjadi Kampung Keling, yang disebut pusat perniagaan di Kota Padang saat itu. Masjid ini sebelumnya terbuat dari kapur, pasir, serta gula, lalu tiada merubah bentuk aslinya semenjak awal era ke-20 ditukar dengan semen.

Masjid Muhammadan

Arsitek Masjid Muhammadan

Arsitektur yang menempel pada masjid ini keseluruhannya di pengaruhi oleh corak India, terpenting di bagian depan (fasad) yang bercat putih dengan hiasan ornament berwarna hijau. Fasad itu disangga oleh tujuh tiang, ditambah di bagian terkiri serta terkanannya semasing menyatu dengan satu bangunan berupa menara. Akan tetapi sisi atas salah satunya menara masjid ini sudah sempat roboh selama satu mtr. karena gempa bumi pada tahun 2009, yang selang beberapa saat diperbaiki dengan pertolongan dari Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne.

Masjid ini mempunyai denah memiliki ukuran lebar 15 meter serta panjang 25 meter, yang bangunannya terbagi dalam tiga lantai. Lantai basic adalah tempat salat, sesaat lantai dua serta tiga adalah tempat istirahat yang dipakai untuk beberapa kepentingan lainnya seperti memasak. Dalam tempat salat, tidak tampak mimbar seperti biasanya masjid-masjid yang berada di Padang, tetapi cuma jendela berupa seperti mimbar serta tertutupi kain hijau berlambang bulan serta bintang.

Kontraktor Kubah Masjid Kota Padang

Kontraktor Kubah Kota Padang

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi dibagian produksi kubah masjid yang sudah mempunyai pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel serta kubah masjid galvalum, kami turut memberikan service konsultasi kepada anda mengenai pembuatan,pengiriman, service pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi memiliki berbagai warna,berbagai ornamen dan design kubah masjid seperti kemauan anda. Kami memberikan harga kubah masjid sangat murah, terbaik, terjamin, amanah dan terpercaya. Kepercayaan dan Kesenangan anda adalah satu tentang yang penting untuk kami, oleh karena itu kami demikian memahami kepentingan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari kontraktor kubah masjid kota Padang, tidak butuh bingung karena kontraktor kubah jabodetabek adalah jalan keluar terbaik. Cukuplah cuma kerjakan pemesanan, jadi semua yang berkaitan dengan pembangunan kubah akan diselesaikan sama juga dengan waktu yang dijanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA