Masjid Nurul Amin Pagaruyung – Produsen Kubah Tanah Datar

Masjid Nurul Amin Tanah Datar

Masjid Nurul Amin Pagaruyung terdapat berdekatan dengan Istana Pagaruyung serta Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar. Dari terlalu jauh tampak jika masjid ini diapit oleh dua rumah kebiasaan minang kabau yang bergonjong. Perihal ini memperingatkan aku dengan pepatah yang populer di ranah minang kabau yakni Tigo Tungku Sajarangan

Tigo Tigo Sajarangan adalah arti kepemimpinan di Minangkabau, mengendalikan pemerintahan serta etika yang berada di penduduk. Terbagi dalam penghulu, alim ulama, serta cadiak pintar. Semasing mempunyai fungsi berlainan yang bermanfaat mengendalikan serta bangun kehidupan masyarakat Minang.

Penghulu adalah pemimping kebiasaan yang dalam perihal ini diwakili oleh Istana Pagaruyung. Alim Ulama adalah orang memahami serta mengajarkan mengenai Agama Islam yang diwakili oleh Masjid Nurul Amin. Cadiak pintar yakni yaitu orang yang memiliki pengetahuan umum serta luas yang nanti membuat ketentuan serta jalan keluar kemasyarakat, dalam perihal ini pemerintahan. Cadiak pintar diwakili oleh bangunan gedung pusat pemerintahan. Sedikit bisa info mengenai riwayat pembangunan masjid ini. Dari prasasti yang ada Masjid ini dibuat diatas tanah wakaf keluarga Haji Aminuzal Amin Datuak Rajo Batuah pada tahun 1990-an serta diresmikan pada 21 Februari 1992 oleh Menteri Perhubungan Indonesia waktu itu, Ir. Azwar Anas.

Masjid Nurul Amin Pagaruyung

Arsitektur Masjid Nurul Amin

Sehubungan letak masjid ini ada pada lokasi dengan bentuk kontur yang cukuplah tinggi, jadi keadaan itu digunakan oleh perancangnya untuk bikin masjid yang cukuplah unik. Sebab ada dibukit jadi bentuk bangunan serta lingkungan sekelilingnya dibikin beberapa level.

Dari jalan raya, sesudah melalui gapura kita mesti lewat anak-anak tangga untuk ke arah masjid. Di kiri kanan ada taman serta lapangan yang luas.
Dengan geometri masjid ini didominasi oleh bentuk bujursangkar yang statis dengan arah penting ke kiblat. Bentuk bujursangkar ini dibikin bersusun serta menumpuk ke atas yang terkait keduanya serta tersusun dengan rapi serta kosisten. Ada tiga tumpukan ke atas yang di bagian teratas ada kubah berupa 1/2 lingkaran yang besar. Pada tumpukan pertama ada kubah-kubah yang lebih kecil serta pada tumpukan ke-2 ada dua kubah kecil disamping samping timur serta barat.

Ada satu menara yang menyatu dengan masjid yang cukuplah tinggi berupa lingkaran. Di bagian atasnya ada seperti ruang yang diperlengkapi dengan pengeraas nada serta kubah kecil. Perihal ini memperingatkan awal peradaban Islam, yakni waktu saat-saat Nabi Muhammad SAW serta beberapa sahabatnya di Madinah. Ini berawal bagaimanakah cara mengumandangkan panggilan shalat buat umat Islam waktu itu. Menara ini memberi satu arti yang melambangkan satu simbul serta menunjukkan kedatangan Islam serta masjid. Di bagian dinding exterior tampak berupa lengkung 1/2 lingkaran. Bentuk lengkung 1/2 lingkaran ini adalah ciri dari arsitektur Islam timur tengah. Design lengkung pun memiliki arti spiritual yang datang dari karakter bola alam semesta.

Interior masjid ikuti bentuk eksteriornya yakni berupa bujursangkar yang tersusun. Kubah penting ada di tengahnya bangunan yang didukung oleh tiang besar serta tinggi bercat putih. Tiang itu membuat struktur garis-garis lurus yang rampih sampai kepuncak kubah.
Perputaran hawa dibikin begitu baik. Meskipun tidak memakai pendingin hawa, ada di masjid sangat terasa sejuk. Begitupun dengan pencahayaan, dengan bentuk bangunan yang tinggi dan dengan adanya banyak bukaan dan cat yang berwarna putih bersih tidak diperlukan lampu penerangan jika siang hari. Bukaan-bukaan dibikin demikian rupa berupa lengkung-lengkung yang bercirikan timur tengah.

Interior masjid dicat putih serta tidak ada hiasan kaligrafi seperti masjid yang lain. Cuma di bagian pilar-pilar ada ornamen garis-garis lurus yang cukuplah rapi serta menarik.
Keseluruhannya masjid ini lumayan menarik namun butuh perbaikan sebab pada beberapa bagian spesifik telah tampak ada rusaknya. Selain itu, masjid ini butuh ditingkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan atau memakmurkannya.

Produsen Kubah Masjid Tanah Datar

Kami Produsen Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari produsen kubah masjid Tanah Datar, tak perlu bingung sebab kontraktor kubah jabodetabek ialah jalan keluar terunggul. Cukup hanya lakukan pemesanan, jadi semuanya yang terkait dengan pembangunan kubah akan dituntaskan sama dengan waktu yang dijanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA