Masjid Raya Darussalam – Palangkaraya

Masjid Raya Darussalam

Kota Palangkaraya adalah kota terluas di Indonesia dengan lingkup daerah sampai 2.400 km persegi. Beberapa daerah Palangkaraya masih berbentuk rimba, terhitung rimba lindung, konservasi alam, serta taman nasional. Sekarang ini ibukota Propinsi Kalimantan Tengah itu tengah membuat beberapa fasilitas serta prasarana infrastruktur kota, dari mulai transportasi, fasilitas, sampai fasilitas peribadahan.

Tahun 2010 lalu Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah memutuskan akan membuat satu masjid yang nantinya jadi Masjid Agung Palangkaraya. Pembangunan yang gagasannya akan diawali pada 2011 serta usai 2014 itu adalah proses perbaikan keseluruhan masjid paling besar di Palangkaraya, yaitu Masjid Raya Darussalam.

Perbaikan itu tidak merubah bentuk asli bangunan Masjid Darussalam. Ide akhir pembangunan ialah satu Islamic Center yang terbagi dalam beberapa bangunan jadi pendukung beberapa kegiatan ceramah Islam. Bangunan penting masjid sendiri akan jadikan ruangan pertemuan.

Masjid Raya Darussalam

Waktu buku ini keluar, bangunan masjid masih terlihat seperti aslinya yang sudah berdiri kuat semenjak 20 tahun kemarin. Nuansa arsitektur lokalnya benar-benar kental. Faktor lokalitas ini terlihat pada pemakaian atap limasan bertingkat tiga dengan mode badan bangunan seperti pendopo terbuka dengan beberapa tiang yang membuat kolom.

Interior Masjid Raya Darussalam

Sisi dalam masjid tampil bersahaja tetapi elok. Kesan-kesan bersahaja terbentuk dari supremasi warna putih dengan komponen hias kaligrafi memiliki ukuran tidaklah terlalu besar yang diatur menyamping. Mengenai kesan-kesan elok kelihatan dari ruangan yang lega dengan plafon ikuti bentuk atap masjid, yaitu limasan bertingkat, didukung empat tiang penyangga penting untuk limas paling tinggi.

Keunikan masjid yang lain ialah terdapatnya relief kaligrafi pada suatu bagian tembok memiliki bahan keramik di muka halaman masjid. Kaligrafi dua kalimat syahadat itu seolah-olah jadi penyambut siapa juga yang hadir ke masjid, seperti dalam dua kalimat syahadat yang disebut kalimat awal buat siapa juga yang memeluk agama Islam.

Interior Masjid Raya Darussalam

Tidak hanya pekerjaan beribadah, masjid dipenuhi beberapa kegiatan ceramah seperti pengajian teratur, serta analisis keagamaan. Pemerintah Kota Palangkaraya serta Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah juga sering melakukan acara besar di sini, diantaranya MTQ tingkat Kota Palangkaraya.