Masjid Raya Kota Bogor

Masjid Raya Bogor

Masjid Raya kota Bogor ada di Jalan Raya Pajajaran No 10, Kota Bogor, seputar 400 meter dari Terminal Baranangsiang arah ke kiri di pertigaan bila keluar dari jalan tol Jagorawi, terletak yang ada di pusat keramaian kota Bogor jadikan masjid ini benar-benar strategis. Masjid ini awalannya dibuat pada tahun 1970 serta baru usai tahun 1979. Pada awalnya masjid ini dibuat dengan atap limasan ciri khas Indonesia tetapi setelah itu dikerjakan revitalisasi yang dikerjakan tahun 2006 serta baru diresmikan pada tanggal 16 Januari 2013 habiskan dana seputar 22 milyar rupiah.

Revitalisasi sudah mengubah keseluruhan bentuk bangunan masjid ini dari sebelumnya beratap limas jadi bangunan masjid berarsitektur kekinian dengan kubah besar yang dijepit dua kubah kecil. Ruang utama Masjid Raya Bogor yang cukup elegan serta cukup lega, pintu pintu masjid dari kaca masjid kusen aluminium. Tembok dinding kiri kanan serta atas mihrab dilapisi bahan semen fiber glass, berhias kaligrafi cuplikan ayat Al-Quran dan ornament lengkung serta garis. Diatas lubang mihrab ada kaligrafi kalimat “Allah” serta “Muhammad”.

Masjid Raya Kota Bogor

Arsitektur Bangunan Masjid

Masjid Raya Kota Bogor diperlengkapi dengan Gedung Pusat Peningkatan serta Pengkajian Islam disamping kanan masjid serta perpustakaan umum di seputar serambi masjid. Sisi dalam kubah utama Masjid Raya Bogor yang cukup indah dengan lampu kristal gantung ada pas di tengahnya. Keseluruhan bangunan masjid ini mempunyai luas seputar 4.057 m² ini ruangan intinya yang lumayan luas, ditambah lagi balkon disamping kiri kanan atas dengan penopang keemasan meningkatkan kemampuan masjid.

Sesudah revitalisasi, Masjid ini diperlengkapi dengan menara tunggal yang terletak terpisah cukup jauh dari bangunan penting masjid dikaitkan dengan koridor lumayan panjang di antara masjid serta bangunan menaranya. Sisi basic menara berupa sisi empat tiga tingkat, dengan tingkat ke-3 memiliki ukuran lebih kecil. Ornament bulan bintang ditempatkan di ujung menara masjid ini. Di situasi cuaca cerah masjid ini mempunyai panorama yang indah dengan latar gunung salak yang menjulang disamping kiri kanan atas dengan penopang keemasan meningkatkan kemampuan masjid.

Sesudah revitalisasi Masjid Raya Bogor diperlengkapi dengan menara tunggal yang terletak terpisah cukup jauh dari bangunan penting masjid dikaitkan dengan koridor lumayan panjang di antara masjid serta bangunan menaranya. Sisi basic menara berupa sisi empat tiga tingkat, dengan tingkat ke-3 memiliki ukuran lebih kecil. Ornament bulan bintang ditempatkan di ujung menara masjid ini. Di situasi cuaca cerah masjid ini mempunyai panorama yang indah dengan latar gunung salak yang menjulang.