Masjid Raya Sabilal Muhtadin – Kontraktor Kubah Banjarmasin

Wisata Religi ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Bertemu langsung dengan Sungai Martapura, Masjid Sabilal Muhtadin berdiri megah di jantung kota Banjarmasin. Nama Masjid Sabilal Muhtadin diambil dari nama seseorang ulama besar, Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari (1710-1812). Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari dikenang sebab jasanya meningkatkan Islam di Kerajaan Banjar serta jadi penulis kitab Sabilal Muhtadin.

Jadi Masjid paling besar di Banjarmasin serta mempunyai kekhasan bentuk bangunannya jadi tidak salah bila masjid ini disebutkan menjadi Masjid Kebanggaan Penduduk Banjarmasin. Masjid ini dibuat diatas tanah berluas 100.000 m2 di mana pada saat Hindia Belanda adalah ruang yang diberi nama Fort Tatas atau Benteng Tatas sebab ada di komplek Asrama Tentara Tatas. Masjid ini berlapiskan marmer di tiap-tiap bagian temboknya serta mempunyai lima menara yang menjulang tinggi.

Masjid megah ini mulai dibangun pada 10 November 1974 serta sudah jadi pada Oktober 1979. Masjid yang dapat menyimpan 15.000 jamaah ini terdiri atas dua sisi. Sisi dalam ruang yang bisa menyimpan sampai 7500 jamaah serta sisi halaman yang dapat menyimpan 7500 jamaah.

Pekerjaan Menarik Di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Banjarmasin

Tidak hanya bisa nikmati keindahan arsitektur masjid yang unik, Anda dapat juga lakukan banyak hal saat di area wisata Masjid Raya ini, salah satunya adalah:

1. Berkeliling-keliling
Berkeliling-keliling di seputaran area masjid sekedar untuk nikmati arsitektur unik dari masjid ini cuma akan menghabiskan waktu sesaat saja. Jadi berkelilinglah ke daerah yang lain seperti Sungai Martapura, Sungai Kuin, Pasar apung Muara Kuin, Pulau Kembang serta Sungai Barito.

Bila Anda ingin lebih kenal budaya Islam dalam tempat ini, jadi berkunjunglah ke Masjid Sultan Suriansyah di Jalan Djok Mentaya. Masjid ini mempunyai keterikatan yang erat dengan Sultan Suriansyah menjadi pendiri serta raja pertama kerajaan Banjar.

2. Kuliner
Kuliner Andalah Banjarmasin adalah Soto Banjar yang bisa di dapatkan di sudut-sudut kota Banjarmasin. Tidak hanya soto banjar, Anda dapat juga coba menu yang lain yakni Ketupat kandangan. Kuliner berbentuk ketupat yang disiram dengan kuah hangat serta diberi bawang goreng di atasnya ini, diperlengkapi dengan ikan haruan menjadi pelengkapnya.

3. Analisis Keislaman
Masjid Raya Sabilal Muhtadin tetap jadi pusat analisis keislaman serta peringatan hari-hari besar. Hampir sehari-harinya dalam tempat ini diselenggarakan pengajian Islam. Lalu saat malam jum’at ada pula pengajian besar yang diselenggarakan dalam tempat ini pula.

Transportasi

Kalimantan Selatan bisa diraih lewat Bandar Hawa Syamsudin Noor di Banjarmasin. Masjid ini terdapat di Jalan Sudirman serta ada pas di jantung kota. Dengan letaknya yang strategis ini, jadi Anda akan tidak menjumpai kesusahan untuk sampai obyek wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA