Masjid Said Naum – Konstruksi Kubah Masjid

Masjid Said Naum, Jakarta

Jakarta yang disebut satu ibukota dari Negara Indonesia jadikan kota ini begitu ramai, padat serta macet sehari-harinya. Penuh dengan beberapa bangunan yang begitu populer dengan beberapa kegiatan yang berbagai macam. Banyak pula dari masyarakat Jakarta yang mempunyai beberapa agama sebab tidak cuma masyarakat asli Indonesia saja tapi tidak dikit dari mereka yang hadir dari Cina serta beberapa Negara yang lain. Tapi di Jakarta sebagian besar penduduknya beragama islam.

Masjid Said Naum terdapat di daerah sisa tempat pemakaman, yakni tanah wakaf dari Almarhum Said Naum. Persisnya ada di Kebon Kacang 9 No. 25, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Pembangunan masjid ini ialah inspirasi / ide dari Gubernur Ali Sadikin, yang menjabat saat itu. Masjid ini didesain demikian rupa dengan nilai ekstrensik yang dibuat oleh arsitektur Ateller Enam Architects and Planners / Adhi Moersid.

Pembangunan masjid ini dikerjakan oleh Yayasan Said Naum serta Pemerintah DKI Jakarta, tuntas diresmikan pada tahun 1977 serta berdiri di atas tanah seluas 15.000 mtr. persegi. Nama masjid ini diadopsi dari nama Said Naum atau Syekh Said Akan tetapi yang disebut seseorang kapten kapal Arab Pertama yang berkunjung diwilayah pekojan. Pada saat itu, penguasa di tanah pekojan ialah penjajah Belanda.

Masjid Said Naum Jakarta

Said Naum adalah soerang pedagang muslim kaya raya yang mempunyai armada kapal dagang sendiri. Persisnya pada tahun 1883, syeikh Said Naum lalu memberi dana untuk perbaikan dan pelebaran Masjid Langgar Tinggi Pekojan yang akan kita ulas pada artikel yang lain.

Sejarah Masjid Said Naum

Pembangunan Masjid Said Naum diadakan lewat cara awal sayembara, berarti pemerintah daerah DKI Jakarta membuat lomba untuk membikinkan salah satunya rancang bangunan satu masjid sama dengan persyaratan yang diharapkan. Pada saaat itu, ada banyak persyaratan penting yang perlu di presentasikan oleh masjid pada seni bangunannya yakni Arsitektur Tradisionil, Pas Dengan Lingkungan Hidup Penduduk Seputar, dan memakai keseluruhnya materi bangunan dari lokal. Pada akhirnya, sayembara itu dimenangkan oleh Ateller Enam Architects and Planners / Adhi Moersid.

Pada akhirnya pembangunan masjid tuntas pada tahun 1977. Lantas pada tahun 1986, Masjid Said Naum memperoleh satu penghargaan Honourable Mention dari Aga Khan Award untuk arsitektur bangunan masjid terunggul.

Tempat yang sampai sekarang ini dihuni oleh Masjid Said Naum sebelumnya adalah satu tempat tanah wakaf dari Syekh Said Naum pada seputar era ke-19. Lantas, Gubernur Ali Sadikin yang menjabat pada saat itu mempunyai ide untuk mengalihkan pemakaman itu ke lain tempat serta ingin bangun satu RuSun (Rumah Susun). Akan tetapi, gagasan itu langsung tidak diterima mentah mentah oleh rakyat ditempat.

Interior Masjid Said Naum Jakarta

Sesudah Pro-kontra berjalan lama, pada akhirnya terciptalah satu persetujuan di mana Pemerintah DKI akan masih manfaatkan tanah wakaf itu menjadi alat pembangunan sarana kaum muslim yakni Masjid serta Madrasah. Lantas untuk memberi kemampuan hukum pada tanah wakaf itu supaya tidak bisa diambil oleh pemerintah di masa datang, jadi dibentuklah Yayasan Wakaf Said Naum yang sampai sekarang ini bekerja menjadi pengelola Masjid.

Masjid Said Naum diresmikan pada tahun 1975 oleh Menteri Dalam Negeri, Amir Machmud. Sedang untuk semua cost pembangunan dibiayai oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, akan tetapi menjadi timbal baliknya, pemerintah akan mempunyai hak untuk bangun rumah susun di seputar komplek tanah itu.

Konstruksi Kubah Masjid Jakarta

Kami Konstruksi Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari konstruksi kubah masjid di Jakarta, tak perlu bingung sebab PT Anugerah Kubah Indonesia ialah jalan keluar terunggul. Cukup hanya lakukan pemesanan, jadi semuanya yang terkait dengan pembangunan kubah akan dituntaskan sama dengan waktu yang dijanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Kontak Kami
SMS
Telp
WA