masjid Syahabuddin – Masjid Sultan Siak, Indrapura

Masjid Syahabuddin

Di propinsi Riau persisnya di kota Siak Sri Indrapura ada satu bangunan kaum muslim yang paling tua. Bangunan masjid itu bernamamasjid Syahabuddin. Masjid Syahabuddin sendiri adalah satu warisan dari Kesultanan Siak. Sebab pada dulu di Riau ada satu keraja yang begitu populer jadi Sultan Syarif Kasim II sebagai sultan ke 12 mempunyai inspirasi untuk bangun satu masjid. Tidak cuma diketahui dengan nama masjid Syahabuddin, masjid ini seringkali diberi nama dengan Masjid Sultan Siak. Bahkan juga masjid I ni adalah pusat pengkajian serta penyebran agama Islam paling besar di Nusantara sampai paling besar di Asia Tenggara pada saat kejayaan SKesultanan Siak Sri Indrapura.

Walau telah dibuat lama, Masjid Syahabuddin masih tetap berdiri serta digunakan sampai saat ini. Terpenting dipakai oleh masyarakat Siak sendiri untuk melakukan beribadah. Ditambah lagi beberapa sarana yang memberi dukungan hingga penduduk makin kerasan serta nyaman saat melakukan beribadah. Diantaranya sarana AC yang membuat ruang masjid Syahabuddin berasa makin sejuk serta nyaman.

Masjid Raya Syahabuddin Siak

Saat bulan suci Ramadhan datang, penduduk sekitar bahkan juga sampai beberapa penduduk di luar Siak umumnya lakukan beribadah shalat terawih di masjid Syahabuddin. Tidak hanya melaksankan shalat teraweh berjamaah, beberapa jamaah pula umumnya tadarus bersama. Bahkan juga seringkali mereka lakukan membuka bersamanya. Tidak cuma jadikan untuk tempat melaksanakan ibadah, masjid ini pula seringkali dipakai untuk wisata religi oleh beberapa orang datang dari lokasi Nusantara. Bahkan juga tidak cuma dari dalam negeri saja, sebagian orang dari mancanegara sempat berkunjung ke masjid Syahabuddin untuk wisata religi. Didapati jika umumnya tamu wisata yang seringkali berkunjung ke masjid Syahabuddin datang dari Malaysia di mana awal Kesultanan Siak pada awalnya dari Kesultanan Johor yang ada di Malaysia.

Masjid Syahabuddin yang tempatnya ada di Jalan Sultan ismail Kota Siak Sri Indrapura ini dekat dengan sungai Siak. Disaksikan dari bangunannya, masjid Syahabuddin di kelilingi oleh beberapa tanaman yang hijau serta sejuk nan indah ada di halama masjid. Sedang sisi dinding masjid dikasih warna kuning cerah dan di cat warna hijau di bagian tiang penyangga masjid. Kombinasi warna yang demikian cerah membuahkan panorama masjid yang nyentrik juga begitu menarik. Di komplek ini ada dua bangunan megah yang begitu populer buat penduduk seputar. Pertama ialah bangunan masjid Syahabuddin sendiri sedang yang ke-2 ialah bangunan yang megah serupa seperti masjid moderen dengan hiasan kubah bawang pada bagian atasnya serta masjid itu adalah bangunan komplek pemakaman beberapa Raja Siak terdahulu. Tidak cuma beberapa Raja saja yang disemayamkan dari sana, beberapa kerabat serta keluarga nya juga disemayamkan di omplek itu.

Tidak cuma dipakai untuk melakukan beribadah, masjid ini pula semenjak dulu digunakan menjadi pusat pendidikan agam Islam. Hingga masjid Syahabuddin adalah tempat untuk belajar lebih dalam mengenai agama islam bahkan juga sang Sultan mengundang serta menghadirkan guru-guru untuk mengajar dari Arab. Sebab karena sangat terkenalnya. Masjid Syahabuddin juga adalah pusat belajar agama islam yang paling besar di Asia Tenggara. Tidak cuma masyaarakt seputar serta Nusantara saja yang belajar di masjid itu tapi beberapa orang di luar negeri terpenting dari Malaysia, Filipina dan Thailand belajar agama Islam di Masjid Syahabuddin . Hal itu sudah dijelaskan dalam riwayat.

Bangunan masjid ini terbuat dari kayu serta dalam pada masjid ada satu mimbar yang diukir dari Jepang. Sampai sekarang masjid Syahabuddin jadi salah satunya kebanggan masyarakat Siak sebab mempunyai riwayat yang begitu penting buat mereka.

interior Masjid Raya Syahabuddin Siak Sri Indrapura

Konstruksi Kubah Masjid Indrapura

Kami Konstruksi Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari konstruksi kubah masjid Indrapura, tak perlu bingung sebab PT Anugerah Kubah Indonesia ialah jalan keluar terunggul. Cukup hanya lakukan pemesanan, jadi semuanya yang terkait dengan pembangunan kubah akan dituntaskan sama dengan waktu yang dijanjikan.